Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Backlink Komentar Masih Relevan Saat ini?

Apakah Backlink Komentar Masih Relevan Saat ini? - Untuk menjawab pertanyaan apakah sebuah backlink komentar masih berguna pada SEO tidaklah bisa dijawab dengan gamblang. Beberapa pakar menyimpulkan bahwa banyak asumsi dan berbagai faktor yang mempengaruhinya kualitasnya. Bagi beberapa orang, backlink ini tidak memiliki kontribusi apa-apa pada SEO. Namun, beberapa orang lainnya mengatakan bahwa hal ini justru membarikan juice link yang sangat bagus.

Apakah Backlink Komentar Masih Relevan Saat ini?

Oleh karena itu, sebelum Anda menarik kesimpulan relevan atau tidaknya backlink comment, ada baiknya jika melihat pendapat para ahli di dunia.

Backlink Komentar Menurut Para Expert

Ahli SEO pertama yang menjadi sumber pada artikel ini adalah Neil Patel.

Menurut beliau yang telah melakukan studi kasus akan hal ini mengatakan bahwa backlink komentar masih memegang peranan yang besar pada SEO. Hal ini juga mempengaruhi peringkat situs secara signifikan.

Akan tetapi fokus utama terdapat pada blog yang memiliki komentar dofollow dan Domain Authority (DA) yang tinggi atau disebut backlink berkualitas.

Ketika meninggalkan komentar fokuslah pada konten yang relevan dengan niche Anda. Jangan fokus berlebih pada achor text, namun kembangkan narasi tentang kualitas komentar untuk menghindari spam.

Kemudian, berusahalah untuk menanam backlink komentar dengan niche yang sesuai namun berkualitas dan relevan. Jika menerapkan hal ini maka backlink dari comment memiliki peranan yang besar.

Selain Neil Patel, situs searchenginejournal.com juga menyampaikan hal yang sama. Namun, situs ini beranggapan bahwa backlink comment tidak berdampak pada SEO secara langsung, namun jika dipakai dengan benar maka hal ini akan meningkatkan trafik website.

Apa itu SEO?

Dahulu cara ini dikenal dengan blog walking dimana pengunjung saling berkomentar dan menyertakan link untuk mengunjungi blog miliknya. Cara ini bisa dikatakan sebagai ajang silaturrahmi sesama blogger.

Cara ini masih baik dari sisi website dan sesama penulis atau pemilik blog karena menjalin pertemanan di dunia maya dapat dilakukan dari berbagai cara.

Cara Menggunakan Komentar Blog Untuk Memperoleh Blacklink

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk membangun backlink komentar yang bagus, diantaranya sebagai berikut;

Menemukan Blog Yang Sesuai

Ketika mencari blog yang ditargetkan untuk berkomentar, carilah blog yang memakai niche yang relevan dengan milik Anda. Karena itu cari blog yang memiliki trafik tinggi. Tidak harus yang DA-nya tinggi, tapi dimana komentar para pengunjung sangat aktif di dalamnya.

Setelah menemukan blog yang cocok, bacalah terlebih dahulu kontennya dengan jelas dan pahami isinya. Kemudian beri komentar berupa ulasan, pendapat, pertanyaan, tambahan informasi atau pujian jika Anda suka artikelnya.

Jika pada blog tersebut memiliki banyak penulis, maka cek bio penulisnya apakah memiliki blog sendiri atau tidak. Setelah itu jalinlah komentar yang baik.

Cobalah Menjadi Yang Pertama berkomentar

Menjadi komentar pertama sangat baik namun jangan hanya menulis “pertama”, “pertamax” dan lainnya. Karena ini hanya membuang-buang waktu belaka.

Menjadi komentator pertama haruslah berbobot dengan memberi masukan, pujian atau tambahan dengan jelas dan gamblang. Sisipkan juga link website untuk backlink komentar Anda ketika menuliskan komentar sendiri.

Karena komentar yang pertama pada blog yang bagus memiliki rasio klik pengunjung yang tinggi menurut pencarian oganik milik Google. Karena itu, usahakan memberi komentar yang baik dan memiliki nilai tambah pada diskusi tersebut untuk menarik pembaca lainnya ke situs Anda.

Menjadi Seorang komentator

Cara ini bertentangan dengan upaya membangun backlink di luar sana. Karena fokusnya adalah memperoleh banyak link dari banyak website. Namun, cara ini digunakan agar Anda menjadi pengunjung reguler di suatu website dan aktif memberikan komentar di dalamnya.

Buatlah komentar yang baik dan membangun. Karena itu memiliki Gravatar sangat penting agar Anda mudah dikenali. Cara ini juga memungkinkan agar pengunjung lain semakin banyak mengunjungi situs Anda.

Jangan berhenti berkomentar dan ambil langkah ekstra namun tetap hati-hati agar memperoleh perhatian dari pembaca lain untuk blog Anda.

Cara ini sangat baik dan elegan karena membuat Anda mudah diapresiasi oleh para penulis pos atau blogger lainnya, sehingga mudah bagi Anda untuk melakukan promosi website.

Kesimpulan

Jadi sekarang, Anda dapat menyimpulkan sendiri seberapa pentingnya backlink komentar dan apakah bagus untuk SEO saat ini. Cara di atas bisa dilakukan secara mandiri, namun jika Anda tidak ahli di dalamnya maka gunakanlah jasa SEO karawang yang terpercaya.

Posting Komentar untuk "Apakah Backlink Komentar Masih Relevan Saat ini?"

SUBSCRIBE